Khasiat Kumis Kucing

Kumis kucing memiliki rasa sedikit pahit, agak asin, sepet, dan bersifat sejuk. Beberapa bahan kimia yang trkandung dalam kumis kucing diantaranya zat samak. Minyak asiri, orthosiphonglikosida, minyak lemak, saponin, sapofonis, garam kalium (0,6-3,5%) dan myoinositol. Efek faramakologis dari khasiat kumis kucing diantaranya adalah sebagia antiradang, peluruh air seni (diuretic) dan penghancur batu saluran kencing. Perbanyakan tanaman kumis kucing dapat dilakukan dengan setek batang atau stump. Kumis kucing dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembaban tanahnya, dan dipupuk dengan pupuk organic. Bagian tumbuhan yang digunakan dan dimanfaatkan untuk pengobatan adalah seluruh bagian kumis kucing.

Khasiat kumis  kucing untuk pengobatan adalah sebagai obat batu kantung empedu. Giling segenggam daun kumis kucing, sejempol kunyit, 7 helai daun ungi, dan 2 siung bawang putih. Tambahkan sepotong kayu manis lalu rebus dengan 11/2 liter air sampai tersisa 750 ml. Minum air rebusan 2 kali sehari. Khasiat kumis kucing yang lain adalah sebagai obat bengkak kandung kemih. Caranya adalah cuci bersih 30 g herba kumis kucing, 30 gram daun sendok dan 30 gram rumput lidah ular. Rebus seua bahan dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan dua kali sehari masing-masing ½ gelas.

Khasiat kumis kucing untuk penyakit encok. Caranya adalah rebus 30 gram daun kumis kucing dan 30 gram herba meniran dalam 3 gelas air hingga tinggal 11/2 bagiann. Setelah dingin, minum air rebusan 3 kali sehari masing-masing ½ gelas. Sebagai obat infeksi kandung kemih (batu dalam kandung kemih) rebus 5-10 helai daun kumis kucing dalam setengah gelas air. MInum air rebusan 2 kali sehari.  Sebagai obat infeksi saluran kencing, atau sering kencing sedikit-sedikit (anyang-anyangan). Cuci bersih 30 g kumis kucing, 30 g meniran, dan 30 g akar alang-alang. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air sampai tersisa 11/2 gelas. Setelah dingin, minum ½ gelas air rebusan tiga kali sehari.

Tanaman obat yang memiliki daya kerja sebagai diuretic akan mampu mengeluarkan bayak cairan dari dalam tubuh. Padahal, tubuh sendiri sebagian besar mengandung air. Karena itu, jika air banyak dikeluarkan dari dalam tubuh, dengan sendirinya berat badan pun akan berkurang. Bahan yang sering digunakans ebagia diuretic pada ramuan obat pelangsing adalah daun kumis kucing yang juga dikenal dengan java tea. Bagian kumis kucing yang sebaiknya digunakan adalah pucuknya yang diambil pada saat tanaman berbunga. Jika menggunakan daun kumis kucing, sebaiknya jangan lebih dari satu minggu berturut-turut karena dapat terjadi pemecahan Hb di ginjal. Karena itu, biasanya ramuan kumis kucing ditambah dengan temulawak untuk menghilangkan efek samping yang tidak diinginkan.


=====================================

>>> Kapsul Kumis Kucing Obat Herbal Alami Membantu Meluruhkan Batu Urine, Mencegah Pengendapan Batu Ginjal Serta Mengatasi Radang Saluran Kemih, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Khasiat Hebat Kumis Kucing and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>